TERAKHIR KALI DIPERBARUI: 30 JULI 2021

Kami mengerti bahwa Anda mungkin ingin melewati Syarat dan Ketentuan ini, tetapi Syarat dan Ketentuan ini penting untuk menetapkan apa yang dapat Anda harapkan dari Kami saat Anda menggunakan Platform Ekosis, dan apa yang Kami harapkan dari Anda. Oleh karena itu, mohon agar Anda membaca, memeriksa, dan memahami Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama sebelum Anda menggunakan Platform Ekosis atau membuka Akun. Apabila Anda tidak menyetujui terhadap salah satu, sebagian, atau semua isi Syarat dan Ketentuan ini, mohon jangan menggunakan Layanan atau Platform Ekosis. Mohon untuk dapat diperhatikan bahwa Kami memiliki kewenangan penuh untuk mengubah, memodifikasi, menambah, dan menghapus Syarat dan Ketentuan ini berdasarkan kebijakannya dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dengan tetap mengakses dan melanjutkan penggunaan Platform Ekosis, maka Anda dianggap telah membaca, memeriksa, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini berikut perubahan-perubahannya.

1. DEFINISI

Kecuali secara tegas dinyatakan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, istilah-istilah yang didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti sebagai berikut:

“Akun” adalah akun Ekosis.
“Anda” atau “Pengguna” adalah setiap pihak yang menggunakan layanan Platform Ekosis, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual, maupun pihak lain yang hanya berkunjung ke Platform Ekosis.
“Kami” atau “Ekosis” adalah PT Ekosistem Bisnis Nusantara, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, yang merupakan pemilik dan pengelola dari Platform Ekosis.
“Pembeli” adalah Anda sebagai Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan dan/atau pembelian atas Barang yang dijual oleh Penjual dalam Platform Ekosis.
“Penjual” adalah Anda sebagai Pengguna terdaftar yang melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Barang kepada para Pengguna terdaftar Platform Ekosis.
“Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik)” adalah pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan Ekosis untuk menyediakan jasa pengiriman Barang yang dapat digunakan oleh Anda melalui Platform Ekosis.
“Platform Ekosis” adalah aplikasi selular dengan merk dagang “Ekosis” dan situs web dengan nama domain “www.ekosis.id” yang merupakan milik dari atau yang dikelola oleh Ekosis, yang dapat diakses melalui situs web (website) dan/atau aplikasi versi Android.
“Barang” adalah suatu objek yang memiliki wujud/fisik dan nilai jual beli yang memenuhi kriteria pengiriman sesuai kebijakan Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik).
“Layanan” adalah secara bersama-sama: (i) Platform Ekosis, (ii) layanan, fitur, dan fungsi apapun yang disediakan oleh Platform Ekosis dan termasuk perangkat lunak partner Ekosis yang tersedia melalui Platform Ekosis (jika ada), dan (iii) semua informasi, halaman yang ter- link, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video, pesan, tag, konten, pemrograman, perangkat lunak, layanan aplikasi atau materi lainnya yang tersedia melalui Platform Ekosis atau layanan terkait melalui kerjasama antara Ekosis dengan pihak ketiga untuk pengembangan Platform Ekosis dan pengembangan kegiatan usaha Ekosis.
“Saldo Pengembalian Dana (Refund)” adalah fasilitas penampungan dana sementara milik Pembeli (fasilitas ini bukan merupakan penyimpanan dana), yang disediakan oleh Ekosis untuk menampung pengembalian dana (refund) atas semua transaksi pembelian Barang. Mohon diperhatikan bahwa dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Platform Ekosis dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
“Saldo Penjual” adalah fasilitas penampungan dana sementara milik Penjual (fasilitas ini bukan merupakan penyimpanan dana), yang disediakan oleh Ekosis untuk menampung dana transaksi penjualan Barang pada Platform Ekosis. Mohon diperhatikan bahwa dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Platform Ekosis dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.

2. LAYANAN

A. Platform Ekosis

(1) Kami mengelola dan menyediakan Platform Ekosis bagi Anda untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian Barang yang sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
(2) Anda mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Platform Ekosis atau platform lain, menggunakan Layanan yang tersedia pada Platform Ekosis atau tidak, atau berhenti menggunakan Platform Ekosis.
(3) Sebagai pihak penyedia Platform Ekosis, Kami tidak berperan sebagai Penjual Barang dan/atau jasa, namun hanya sebagai media perantara antara Penjual dan Pembeli untuk melakukan transaksi melalui Platform Ekosis. Kontrak penjualan yang sebenarnya adalah secara langsung antara Pembeli dan Penjual. Kami bukan pihak di dalamnya atau setiap kontrak lainnya antara Pembeli dan Penjual serta tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun sehubungan dengan kontrak tersebut. Penjual dan Pembeli dalam bertransaksi sepenuhnya bertanggung jawab untuk kontrak penjualan antara mereka, daftar Barang dan/atau jasa, garansi pembelian, dan sebagainya. Kami juga tidak menjamin bahwa Pengguna akan benar-benar menyelesaikan transaksi.
(4) Kami dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Anda atau konten atau informasi atau Barang yang diunggah oleh Anda dalam Platform Ekosis, sehingga Kami berhak untuk menghapus setiap konten atau informasi atau Barang yang diunggah oleh Anda dalam Platform Ekosis apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan Kami merupakan kebijakan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat.
(5) Kami berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan, atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Platform Ekosis dan/atau Layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami dapat meluncurkan layanan dan/atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan Kami tidak akan bertanggung jawab dalam hal demikian. Kemudian, Kami juga dapat membatasi layanan dan/atau fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh Platform Ekosis atau Layanan atau mengizinkan Anda untuk membuka Akun atas kebijakan Kami sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban apapun.

B. Metode Pembayaran

(1) Kami bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan metode pembayaran agar memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung dalam Platform Ekosis. Anda sebagai Pembeli dapat menentukan pilihan metode pembayaran sebelum melakukan pembayaran.
(2) Kami tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian terhadap Anda sebagai Pembeli, yang timbul dari informasi pengiriman uang maupun informasi pembayaran yang dimasukkan oleh Anda sebagai Pembeli atau pengiriman uang yang salah sehubungan dengan pembayaran untuk Barang yang dibeli. Kami berhak sepenuhnya untuk memeriksa apakah Anda berwenang untuk menggunakan metode pembayaran tertentu, dan dapat menangguhkan transaksi sampai otorisasi tersebut dikonfirmasi atau membatalkan transaksi yang bersangkutan bila konfirmasi tersebut tidak tersedia.

C. Pengiriman (logistik)

(1) Kami bekerja sama dengan Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik) untuk menyediakan pilihan metode pengiriman Barang agar memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Ekosis, bagi Pembeli maupun Penjual.
(2) Pengiriman Barang untuk setiap transaksi yang terjadi melalui Platform Ekosis menggunakan layanan pengiriman Barang yang disediakan dalam Platform Ekosis merupakan kerjasama antara Ekosis dan Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik). Pembayaran biaya pengiriman menjadi tanggung jawab Pembeli dan Penjual.
(3) Anda memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk syarat dan ketentuan serta kebijakan pengiriman Barang sepenuhnya ditentukan oleh dan menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik).
(4) Kami hanya berperan sebagai media perantara antara Anda sebagai Penjual dengan Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik). Oleh karena itu, Penjual wajib memeriksa, menyetujui, serta mematuhi segala persyaratan pengiriman Barang yang ditentukan oleh Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik) termasuk kewajiban Anda untuk memahami jenis layanan pengiriman, biaya, estimasi waktu pengiriman, dan garansi pengiriman yang disediakan oleh Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik).
(5) Penjual wajib bertanggung jawab sepenuhnya atas Barang yang dikirim.
(6) Anda memahami dan menyetujui bahwa kerugian apapun sehubungan dengan kerusakan, kehilangan, kecacatan, kekurangan, maupun kehilangan terhadap Barang, pada saat pengiriman Barang sedang berlangsung maupun pada saat pengiriman Barang telah selesai merupakan tanggung jawab penuh dari Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik).
(7) Jika terjadi keadaan dimana diperlukan proses pengembalian Barang, maka Anda (dalam kapasitas sebagai Penjual atau Pembeli) wajib untuk melakukan pengiriman Barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Kami tidak menerima pengembalian atau pengiriman Barang atas transaksi yang dilakukan dalam kondisi apapun.

3. PENGGUNA, AKUN DAN KATA SANDI (PASSWORD), KEAMANAN

(i) Sebelum menggunakan Platform Ekosis, Anda harus menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi, dan mendaftarkan diri Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. Saat melakukan pendaftaran, Kami akan meminta Anda untuk memberikan, antara lain: nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nomor telepon genggam pribadi Anda yang sah. Anda menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Anda daftarkan atau masukkan dalam pembuatan Akun merupakan identitas/data pribadi milik Anda sendiri dan bukan milik pihak manapun. Anda dapat mengubah informasi data diri Anda pada fitur pengaturan dalam Platform Ekosis.

(ii) Dengan menggunakan Layanan dan/atau Platform Ekosis serta memberikan informasi di Platform Ekosis, Anda berjanji akan selalu mematuhi ketentuan-ketentuan berikut:

(1) menyetujui untuk tidak akan memilih nama Akun yang tidak sopan atau tidak pantas.
(2) menyetujui untuk menjaga kerahasiaan kata sandi (password) Anda dan tidak akan mengungkapkan detail Akun Anda kepada pihak ketiga manapun serta hanya akan menggunakan Akun dan kata sandi (password) Anda pada saat login. Anda harus segera memberitahukan Kami apabila terjadi penggunaan tanpa izin atas Akun dan/atau kata sandi (password) Anda. Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk semua kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda bahkan bila kegiatan atau penggunaan tersebut tidak dilakukan oleh Anda. Kami tidak bertanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang timbul dari penggunaan tanpa izin atas kata sandi (password) Anda atau kegagalan Anda untuk mematuhi ketentuan ini.
(3) menyetujui tindakan Ekosis untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah konten, data pribadi, dan informasi penggunaan Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi.
(4) menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas informasi yang berkaitan dengan Akun Anda dan/atau penggunaan Platform Ekosis oleh Anda dimiliki secara bersama oleh Anda dan Ekosis.
(5) tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan informasi yang berkaitan dengan Akun Anda dan/atau penggunaan Platform Ekosis oleh Anda kepada setiap pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan informasi tersebut tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Ekosis.
(6) tidak akan menggunakan Platform Ekosis dengan tujuan untuk mengumpulkan data pribadi Pengguna lain dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
(7) dalam hal Anda memiliki data pribadi Pengguna lain melalui penggunaan Platform Ekosis (“Pihak Penerima”), maka Anda sebagai Pihak Penerima menyetujui akan: (a) mematuhi semua ketentuan peraturan perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data pribadi tersebut, (b) mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima (“Pihak yang Mengungkapkan”) untuk menghapus data pribadi yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima, dan (c) mengizinkan Pihak yang Mengungkapkan untuk mememeriksa informasi apa saja yang telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima sesuai dengan dan apabila diwajibkan menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(8) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Platform Ekosis dan/atau perangkat lunak dengan cara menciptakan link internet ke Platform Ekosis atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet.
(9) tidak akan mengunggah, memasang (posting), menggunakan, menyediakan, atau meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, emulator, simulator, bots, trojan horse, virus atau worm, atau program maupun sarana apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, server, jaringan internet, infrastruktur sehubungan dengan Platform Ekosis serta yang dapat menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha Ekosis.
(10) tidak menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Platform Ekosis atau isinya.
(11) tidak akan menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Platform Ekosis untuk (i) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Platform Ekosis, Layanan, atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau (ii) membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafik menyerupai Platform Ekosis.
(12) tidak akan menggunakan Platform Ekosis secara sengaja maupun tidak sengaja untuk melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia maupun di negara lainnya. Anda dianggap telah memahami dan mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Platform Ekosis, dan tidak akan melakukan tindakan apapun yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
(13) selama menggunakan dan/atau mengakses Platform Ekosis, Anda tidak akan mengunggah, memasang (posting), dan/atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, invasif terhadap privasi orang lain, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, mengganggu ketertiban umum, meresahkan masyarakat, mengganggu ketertiban umum, vulgar, cabul, bersifat ancaman, kata-kata kasar, penuh kebencian, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial dan bertentangan dengan yang ditetapkan oleh kementerian atau lembaga atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(14) selama menggunakan dan/atau mengakses Platform Ekosis, Anda tidak akan mengunggah, memasang (posting), mengirimkan atau sebaliknya menyediakan konten yang menampilkan anak di bawah umur tanpa pengawasan atau menggunakan Layanan dan/atau Platform Ekosis untuk merugikan anak di bawah umur dengan cara apapun.
(15) menggunakan Layanan atau mengunggah konten dengan cara yang menipu, membohongi, memalsukan, atau menyesatkan. Anda mengakui dan menjamin bahwa Anda memiliki semua hak dan/atau izin yang diperlukan serta bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh konten yang Anda unggah, kirim melalui email, kirimkan dan/atau sediakan melalui Platform Ekosis termasuk namun tidak terbatas pada: keakuratan, keandalan, sifat, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(16) wajib menghargai hak-hak Pengguna lain dengan tidak memberikan detail Akun Pengguna lain ke pihak ketiga tanpa izin Pengguna yang bersangkutan.
(17) tidak akan memanipulasi harga Barang yang dicantumkan di Platform Ekosis dengan tujuan apapun termasuk namun tidak terbatas untuk mengelabui Pembeli.
(18) tidak akan mengunggah, memasang (posting), mengirimkan, atau menyediakan iklan, materi promosi yang tidak diinginkan atau tidak sah, “surat sampah”, “spam”, “surat berantai”, “skema piramida”, atau bentuk ajakan lainnya yang tidak sah.
(19) tidak akan menggunakan nama dan logo Ekosis pada foto profil Anda (avatar).
(20) tidak akan menggunakan Platform Ekosis untuk tujuan komersial dan melakukan transfer/menjual Akun Pengguna ke Pengguna lain atau ke pihak lain dengan tujuan apapun.
(21) tidak akan membuat Akun dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari batasan pembelian, penyalahgunaan promosi, dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
(22) tidak akan menggunakan fitur “Chat” sebagai iklan promosi Barang dari platform lain selain Platform Ekosis.
(23) tidak akan menghubungi Penjual dan Pembeli melalui media lain selain melalui fitur “Chat” yang disediakan melalui Platform Ekosis.
(24) Anda memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan kode otentikasi, maka penyedia jasa telekomunikasi yang relevan dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Anda dengan nominal yang ditentukan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi ditambah biaya perpajakannya.
(25) tidak akan meminta, berkorespondensi, dan/atau terlibat dengan, atau menyediakan informasi terkait aktivitas Pengguna saat menggunakan Platform Ekosis kepada media dan/atau perusahaan riset, untuk tujuan apapun termasuk namun tidak terbatas kepada riset pasar, survei kepuasan, atau bentuk pemasaran lainnya tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Ekosis.
(26) akan senantiasa bekerja sama dengan Kami untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dengan memberikan kepada Kami (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Anda yang digunakan untuk membuka/mengakses Platform Ekosis. Dalam hal ini, Anda memberikan wewenang kepada Ekosis untuk bekerja sama dengan pihak yang berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu.

(iii) Anda setuju bahwa untuk alasan apapun atas kebijakan Kami sendiri dan dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya maupun kewajiban apapun kepada Anda atau pihak ketiga manapun, Kami dapat mengakhiri Akun Anda serta menghapus atau membuang setiap konten yang berkaitan dengan Akun Anda membatalkan transaksi sehubungan dengan Akun Anda, sementara, atau dalam kasus yang lebih serius secara permanen menahan hasil penjualan, pengembalian, dan/atau mengambil tindakan lain yang dianggap perlu.

(iv) Akun Anda dapat dibatasi, dibekukan untuk sementara atau permanen, maupun dihapus dengan segera atau tanpa pemberitahuan sebelumnya oleh Kami karena hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, keadaan yang sebenarnya atau yang diduga sebagai berikut:

a. atas permintaan Anda;
b. pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c. tidak aktifnya Akun Anda untuk jangka waktu tertentu;
d. Akun Anda digunakan atau disalahgunakan oleh orang lain;
e. Akun Anda telah dialihkan atau digunakan oleh orang lain;
f. perilaku yang merugikan Kami, Pengguna lain, atau pihak ketiga;
g. Sistem Kami mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari penggunaan Akun Anda atau adanya kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan dan/atau Kebijakan Privasi yang tidak dipenuhi oleh Anda;
h. Anda telah meninggal dunia, ditempatkan di bawah perwalian atau pengampuan atau mengalami ketidakmampuan lainnya yang menjadikan Anda tidak cakap hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau
i. Adanya perintah untuk pembekuan akun, baik sementara atau permanen, yang diterbitkan oleh institusi pemerintah yang berwenang atau aparat penegak hukum terkait atau berdasarkan perintah pengadilan yang diterbitkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(v) Anda juga dapat melakukan permohonan kepada Kami untuk menghapus Akun jika Anda memberitahukan kepada Kami sebelumnya secara tertulis (termasuk melalui email di: [email protected]) disertai dengan alasannya. Namun, terlepas dari adanya penghapusan Akun tersebut, Anda tetap bertanggung jawab sepenuhnya dan memiliki kewajiban atas setiap transaksi yang belum selesai (baik apakah dimulai sebelum atau setelah tanggal penghapusan tersebut), pengiriman Barang, pembayaran Barang, dan setiap kewajiban-kewajiban yang mungkin timbul akibat adanya sengketa, tuntutan, maupun tindakan hukum lainnya yang telah ada atau hal semacam itu, dan Anda berkewajiban untuk menghubungi Kami segera setelah semua transaksi diselesaikan. Dalam hal demikian, Kami tidak bertanggung jawab dan memiliki kewajiban apapun atas setiap kerugian yang terjadi akibat tindakan yang diambil sesuai dengan ketentuan ini serta Anda akan melepaskan Kami dari setiap dan semua klaim sehubungan dengan hal tersebut.

4. SALDO

A. SALDO PENJUAL DAN SALDO PENGEMBALIAN DANA (REFUND)

1. Saldo Penjual berasal dari hasil penjualan Barang dalam Platform Ekosis dan tidak dapat dilakukan penambahan secara sendiri (top up). Saldo ini memungkinkan Penjual untuk menyimpan uang yang diterima dari hasil penjualan Barang. Jumlah tersebut dikurangi penarikan apapun, akan terefleksikan sebagai Saldo Penjual. Uang dari hasil penjualan Barang akan dikreditkan ke Saldo Penjual setelah Barang diterima oleh Pembeli berdasarkan status pengiriman termutakhir dari Partner Penyedia Jasa Pengiriman (logistik) atau segera setelah Pembeli mengonfirmasi dalam Platform Ekosis bahwa Pembeli telah menerima Barang.
2. Saldo Pengembalian Dana (Refund) berasal dari pengembalian dana (refund) pembelian Barang dalam Platform Ekosis dan tidak dapat dilakukan penambahan secara sendiri (top up). Saldo ini dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas Barang dalam Platform Ekosis, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank terdaftar pada Akun Anda.

B. PENARIKAN DAN PENYESUAIAN SALDO PENJUAL DAN SALDO PENGEMBALIAN DANA (REFUND)

1. Saldo Penjual tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang dalam Platform Ekosis. Pencairan Saldo Penjual hanya dapat dilakukan dengan cara mengajukan permohonan kepada Kami untuk penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada Akun maksimal sekali per hari. Setelah proses pengajuan dilakukan, Anda tidak dapat mengubah atau membatalkan permohonan.
2. Dalam hal terjadi proses pengembalian dana (refund), maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
3. Proses permohonan untuk penarikan dana (withdrawal) mungkin membutuhkan jangka waktu maksimal 3×24 jam hari kerja (pada hari Sabtu/Minggu/libur, bank tidak beroperasi, sehingga proses penarikan dana hanya akan diproses oleh bank bersangkutan pada hari kerja), atau periode lain sebagaimana ditentukan berdasarkan kebijakan bank.
4. Dalam hal terjadi kesalahan dalam memproses transaksi apapun, Anda memberikan kuasa kepada Kami untuk melakukan entri debit dari atau kredit ke rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi yang relevan, untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dengan ketentuan bahwa koreksi tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika Kami tidak dapat mendebet rekening bank yang ditunjuk atau rekening bank yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi yang relevan dengan alasan apapun, Anda memberikan kuasa kepada Kami untuk mengajukan ulang debit, ditambah biaya yang berlaku ke rekening bank lain atau memotong debit dan biaya yang berlaku dari Saldo Penjual.
5. Setiap transaksi penarikan (withdrawal) saldo akan dikenakan biaya administrasi berdasarkan ketentuan dan kebijakan masing-masing bank yang berlaku. Saldo yang ditarik akan dikurangi biaya administrasi sesuai ketentuan walaupun terjadi kegagalan penarikan saldo.
6. Anda wajib memperhatikan rekening bank tujuan penarikan (withdrawal) saldo, apabila Anda salah melakukan transfer/meng-input nomor rekening bank yang dituju, pengajuan tarik dana tidak dapat dibatalkan. Apabila rekening tujuan tidak terdaftar atau tidak valid maka saldo yang telah terpotong akan dikembalikan secara otomatis ke Saldo Penjual atau Saldo Refund.
7. Kami dapat menghubungi Anda melalui sarana komunikasi yang tersedia (e-mail maupun telepon) untuk meminta konfirmasi dan data-data yang diperlukan, untuk keperluan proses penarikan (withdrawal) saldo maupun pengembalian dana (refund). Apabila dalam jangka waktu 5 (lima) hari kalender ternyata Anda tidak dapat dihubungi ataupun tidak memberikan tanggapan kepada Kami, maka Kami tidak bertanggungjawab atas keterlambatan proses penarikan (withdrawal) saldo maupun pengembalian dana (refund), dan oleh karenanya Kami juga tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban sehubungan dengan keterlambatan proses tersebut.
8. Kami memiliki kewenangan penuh untuk melakukan pembekuan Saldo Penjual dan Saldo Pengembalian Dana (Refund) apabila ditemukan atau diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.

5. PROMOSI

(i) Kami dapat mengadakan kegiatan promosi setiap saat dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya oleh Kami. Syarat dan ketentuan yang dibuat mungkin dapat berbeda-beda pada setiap kegiatan promosi dan wajib untuk dibaca oleh Anda.
(ii) Anda hanya diperbolehkan menggunakan satu Akun untuk setiap kegiatan promosi. Jika ditemukan adanya lebih dari satu Akun dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Anda tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan promosi tersebut. Kami dapat melakukan tindakan yang dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda, antara lain: pembatalan transaksi, pembatalan voucher, penangguhan Akun, atau tindakan hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap Anda apabila ditemukan tindak kecurangan.
(iii) Kami berhak mengubah syarat dan ketentuan terhadap setiap kegiatan promosi dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.

6. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

(i) Platform Ekosis, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses, dan model bisnis, yang ada dalam Platform Ekosis dilindungi oleh hak cipta, merek, dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia terdaftar atas nama Kami atau pemilik pihak ketiga yang diidentifikasi dalam Platform Ekosis, sebagaimana berlaku. Anda dilarang untuk menggunakan, mengubah, menggandakan, memfasilitasi, menyebarluaskan, dan/atau membuat karya turunan atas hak kekayaan intelektual tersebut sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penggunaan Platform Ekosis dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya atau pada perangkat selain telepon genggam, tablet, dan/atau perangkat komputer, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Syarat dan Ketentuan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kami, merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual Kami.

(ii) Tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Kami memberikan Anda lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk (i) mengunduh, mengakses, dan menggunakan Platform Ekosis, apa adanya, hanya pada perangkat berupa telepon genggam, tablet, dan/atau perangkat komputer Anda dan hanya untuk keperluan terkait penggunaan Layanan, dan (ii) mengakses atau menggunakan konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada Platform Ekosis hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan tujuan komersial. Hak lain yang tidak secara tegas diberikan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan hak Kami.

(iii) Anda dilarang untuk:
a. menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang ada dalam Platform Ekosis;
b. menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik (reverse engineer), mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Platform Ekosis (termasuk perangkat lunak, fitur dan Layanan apapun di dalamnya);
c. menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang Kami miliki tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami, sebagaimana berlaku;
d. mendaftarkan dan/atau mengunggah konten maupun Barang apapun ke dalam Platform Ekosis yang melanggar hak cipta, merek dagang, atau hak kekayaan intelektual pihak ketiga lainnya atau menggunakan layanan dengan cara yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain.

(iv) Apabila Anda mengunggah, memasang (posting), dan/atau menyediakan ke dalam Platform Ekosis suatu konten, Anda memberikan kepada Kami dan penerus Kami izin yang berlaku di seluruh dunia, hak non-eksklusif, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, di-sublisensikan (melalui beberapa tingkatan) hak untuk menggunakan, menyalin, mendistribusikan, mempublikasikan ulang, mengirim, mengubah, menyesuaikan, membuat karya turunan, menampilkan secara terbuka, dan melakukan secara terbuka setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Anda miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan, melalui atau sehubungan dengan Platform Ekosis. Selanjutnya, sejauh diizinkan menurut ketentuan hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Kami.

(v) Anda setuju untuk menjamin dan membebaskan Kami dari seluruh klaim, penyebab dari tindakan, kerugian dan keputusan apapun yang timbul dari setiap penghapusan konten dan/atau pendaftaran Barang sesuai dengan atau sehubungan dengan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

7. PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

(i) Anda setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan dan Platform Ekosis atas risiko Anda sendiri, serta Layanan dan/atau Platform Ekosis disediakan “APA ADANYA” dan tanpa garansi, klaim atau pernyataan apapun yang dibuat oleh Ekosis dalam bentuk apapun baik tertulis maupun lisan atau menurut undang-undang sehubungan dengan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada garansi kualitas, kinerja, tidak adanya pelanggaran, kelayakan untuk diperdagangkan, atau kesesuaian untuk tujuan tertentu, dan juga tidak ada jaminan yang dibuat selama hubungan, selama pelaksanaan atau penggunaan perdagangan dengan tidak membatasi ketentuan di atas dan sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, Ekosis tidak menjamin bahwa Layanan dan/atau Platform Ekosis atau fungsi yang terdapat di dalamnya akan selalu tersedia, dapat diakses, tanpa gangguan, tepat waktu, aman, akurat, lengkap atau bebas dari kesalahan, bahwa kecacatan (bila ada) akan diperbaiki, atau bahwa Platform Ekosis dan/atau server yang memungkinkan Platform Ekosis menjadi tersedia bebas dari virus, jam, timer, penghitung, worm, penguncian perangkat lunak, drop dead device, trojan horse, perutean, pintu jebakan, bom waktu atau setiap kode, instruksi, program atau komponen berbahaya lainnya.

(ii) Kami tidak memiliki kendali atas dan, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, tidak menjamin atau bertanggung jawab untuk: (a) kesesuaian tujuan, keberadaan, kualitas, keamanan atau legalitas Barang yang tersedia melalui Layanan dan/atau Platform Ekosis; atau (b) kemampuan Penjual untuk menjual Barang atau Pembeli untuk membayar Barang. Dalam hal ada permasalahan yang melibatkan satu Pengguna atau lebih, Pengguna tersebut setuju untuk menyelesaikan permasalahan tersebut antara mereka sendiri secara langsung dan, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, membebaskan Ekosis dari setiap dan semua klaim, tuntutan dan ganti rugi yang timbul dari atau sehubungan dengan permasalahan tersebut.

(iii) Situs web (website) dan/atau platform, layanan, dan penawaran pihak ketiga yang mungkin tersedia dalam Platform Ekosis akan memungkinkan Anda meninggalkan Platform Ekosis. Namun demikian, link tersebut ada hanya demi kenyamanan saja, dan situs web (website) dan/atau platform, layanan, dan penawaran pihak tersebut tidak berada di bawah kendali Kami dengan cara apapun, dan karenanya Anda mengaksesnya dengan risiko Anda sendiri serta Anda setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan apapun yang terdapat dalam situs web (website) dan/atau platform tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas konten, fungsionalitas, keamanan, dan kebijakan apapun dari situs web (website) dan/atau platform, layanan, dan penawaran atau setiap link yang terdapat di dalamnya, termasuk setiap perubahan atau pembaruan atas situs web (website) dan/atau platform, layanan, dan penawaran tersebut. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami dapat menonaktifkan penggunaan Anda atau menghapus setiap situs web (website), platform, dan layanan pihak ketiga dalam Platform Ekosis apabila terdapat pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.

(iv) Sejauh yang diizinkan menurut ketentuan hukum yang berlaku, dalam keadaan apapun Ekosis tidak akan bertanggung jawab baik dalam hal kontrak, garansi, perbuatan melawan hukum (termasuk namun tidak terbatas pada, pengesampingan, tanggung jawab produk, dan kewajiban lain), atau penyebab lainnya dari tindakan hukum, oleh undang-undang atau hal lainnya, untuk hal-hal berikut ini:

(1) hilangnya penggunaan, keuntungan, pendapatan, data, reputasi, good will, untuk setiap hal baik secara langsung maupun tidak langsung;
(2) setiap kerugian tidak langsung, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Platform Ekosis, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, bahkan jika Ekosis telah diberitahukan sebelumnya tentang kemungkinan kerugian tersebut;
(3) penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Platform Ekosis;
(4) Harga Barang, kualitas Barang, keaslian suatu Barang, pengiriman Barang, pengiriman untuk perbaikan Barang maupun penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli atau petunjuk lain yang tersedia dalam Platform Ekosis, termasuk kehilangan Barang ketika proses transaksi berjalan dan/atau telah selesai;
(5) Keterlambatan maupun gangguan dalam Platform Ekosis;
(6) Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna termasuk perselisihan antara Pengguna;
(7) Pelanggaran hak atas kekayaan intelektual (hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, dan/atau hak paten) atau hak-hak lainnya;
(8) Pencemaran nama baik pihak ketiga;
(9) Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi dari Ekosis, yang dengan cara apapun mengatasnamakan Ekosis atau kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian dari pihak bank;
(10) Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (antara lain: bot, script, automation tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Platform Ekosis;
(11) Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Platform Ekosis;
(12) Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan terhadap Platform Ekosis;
(13) Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk sehubungan dengan Barang yang ada dalam Platform Ekosis yang diduga palsu;
(14) Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Anda;
(15) Penyalahgunaan Akun yang terjadi karena kelalaian Anda, termasuk namun tidak terbatas pada, antara lain: meminjamkan Akun kepada pihak lain, memberikan akses kata sandi (password) kepada pihak lain, memberikan kode otentikasi pada pihak lain, mengakses link dari pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lain yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Pengguna;
(16) Kegagalan dan/atau gangguan dalam penerapan teknologi baru dan/atau sistem pada fasilitas perangkat dan/atau jaringan internet yang Anda miliki dan/atau alami;
(17) Gangguan jaringan Platform Ekosis yang mengakibatkan server down dan diperlukan pemeliharaan darurat (emergency maintenance) atau pemeliharaan tidak terencana (unscheduled maintenance) terhadap Platform Ekosis;
(18) Pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

8. PERNYATAAN DAN JAMINAN

Anda menyatakan dan menjamin bahwa (a) Anda cakap hukum serta memiliki hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini dan mematuhi semua ketentuan-ketentuannya dan (b) Anda hanya akan menggunakan Platform Ekosis hanya untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini serta semua undang-undang, aturan, arahan, pedoman, kebijakan, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

9. GANTI RUGI DAN PELEPASAN

(i) Anda setuju untuk mengganti rugi, membela dan membebaskan Ekosis (termasuk para pemegang saham, direktur, petugas, agen, pemilik hak kekayaan intelektual, dan mitra lainnya, serta seluruh karyawannya) dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tindakan hukum, proses hukum, dan gugatan dan semua hal yang berkaitan dengan kewajiban, kerugian, penyelesaian, penalti, denda, biaya dan pengeluaran (termasuk namun tidak terbatas pada, setiap biaya penyelesaian permasalahan lainnya) yang timbul dari atau berkaitan dengan: (i) setiap transaksi yang dibuat di Platform Ekosis, atau setiap permasalahan terkait dengan transaksi tersebut, (ii) pengoperasian, pengelolaan, dan/atau administrasi Layanan oleh atau atas nama Ekosis, (iii) pelanggaran atas ketentuan apapun dari Syarat dan Ketentuan ini atau setiap kebijakan atau pedoman yang dirujuk disini oleh Anda, (iv) penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda, (v) pelanggaran terhadap hukum atau hak pihak ketiga oleh Anda atau (vi) setiap konten yang diunggah oleh Anda.

(ii) Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna, Anda melepaskan Ekosis (termasuk para pemegang saham, direktur, petugas, agen, pemilik hak kekayaan intelektual, dan mitra lainnya, serta seluruh karyawannya) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari penjualan maupun pembelian Barang yang telah dilarang menurut ketentuan Kebijakan Barang Yang Dilarang dan Dibatasi (sebagaimana diatur di bawah ini). Dalam hal demikian, maka Anda dengan ini mengakui dan melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam hukum yang berlaku) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

10. KEBIJAKAN BARANG YANG DILARANG DAN DIBATASI

Kebijakan ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Platform Ekosis.

Anda sebagai penjual memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa barang dan/atau jasa yang Anda sediakan kepada pembeli melalui Platform Ekosis mematuhi semua ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan diizinkan untuk didaftarkan sesuai kebijakan Ekosis.
Untuk kenyamanan Anda, daftar barang dan/atau jasa yang dilarang dan dibatasi untuk diperdagangkan melalui Platform Ekosis tersedia di bawah ini. Mohon agar selalu memeriksa kebijakan ini secara teratur karena kebijakan ini dapat diperbarui dari waktu ke waktu.

Daftar barang dan/atau jasa yang dilarang dan dibatasi peredarannya untuk ditawarkan maupun diperjualbelikan, antara lain:

(1) Semua jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
(2) Barang yang sudah ditarik dari peredaran di wilayah Negara Republik Indonesia;
(3) Tembakau maupun barang-barang sehubungan dengan tembakau;
(4) Artefak, barang antik, dan cinderamata yang mengandung bahan dari satwa yang dilindungi;
(5) Barang-barang yang diembargo;
(6) Barang-barang hasil tindakan pencurian;
(7) Barang dengan hak distribusi eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing;
(8) Makanan dan minuman yang membahayakan keselamatan dan kesehatan manusia, ataupun yang tidak mempunyai sertifikasi maupun izin-izin yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku (Contoh: produk makanan dan minuman yang wajib terdaftar di dinas kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM));
(9) Produk susu non-pasteurisasi;
(10) Semua jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Ketentuan ini mencakup, antara lain: narkotika, obat keras, obat bius dan sejenisnya, suplemen serta obat-obatan apapun yang tidak terdaftar di dinas kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
(11) Semua barang tiruan, palsu, dan/atau tanpa izin yang berpotensi membahayakan pengguna, melanggar hak cipta, merek dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik pihak ketiga;
(12) Barang-barang mistis, termasuk namun tidak terbatas pada benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan/atau memberikan ilmu kesaktian, antara lain: jimat-jimat, keris, dan lain-lain;
(13) Barang yang tidak memenuhi ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI), pelabelan, dan petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia sebagaimana diatur oleh Kementerian Perdagangan;
(14) Bahan-bahan yang diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya menurut ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan;
(15) Semua jenis barang yang bertentangan dengan ketentuan peraturan pengiriman barang di Indonesia;
(16) Barang-barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia;
(17) Barang-barang lain yang tidak sesuai dan dilarang menurut kebijakan internal Ekosis.

Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai daftar yang lengkap. Mohon agar selalu memeriksa kebijakan ini secara teratur karena daftar di atas dapat diperbarui dari waktu ke waktu.

11. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA

Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Negara Republik Indonesia. Kecuali diwajibkan lain oleh hukum yang berlaku, setiap permasalahan, kontroversi, klaim atau perbedaan dalam bentuk apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini terhadap atau yang berkaitan dengan Ekosis berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini akan dirujuk dan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

12. KETENTUAN LAIN

(i) Ekosis mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas diberikan di sini.
(ii) Anda tidak boleh memberikan, mensublisensikan atau memindahkan hak apapun yang diberikan kepada Anda di sini atau mensubkontrakkan salah satu kewajiban Anda.
(iii) Tidak ada hal dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dapat diartikan sebagai hubungan kemitraan, usaha patungan atau pemberi kuasa-penerima kuasa antara Anda dan Ekosis, dan juga tidak memberikan wewenang kepada Anda untuk mengeluarkan biaya atau kewajiban apapun atas nama Ekosis. Kami bukanlah agen atau perwakilan dari Anda dan tidak memegang dan/atau memiliki Barang yang tercantum dalam Platform Ekosis.
(iv) Kegagalan Ekosis setiap saat atau pada waktu-waktu tertentu untuk mewajibkan pelaksanaan ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan memengaruhi haknya dengan cara apapun di waktu kemudian untuk memberlakukan ketentuan tersebut kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
(v) Ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini dan setiap perjanjian dan kebijakan yang disertakan atau dirujuk dalam Syarat dan Ketentuan ini membentuk seluruh perjanjian dan pemahaman antara para pihak sehubungan dengan Layanan dan Platform Ekosis serta menggantikan setiap perjanjian atau pemahaman sebelumnya antara para pihak sehubungan dengan hal tersebut. Dengan ini para pihak juga mengecualikan semua ketentuan lisan.
(vi) Anda setuju untuk mematuhi semua hukum, undang-undang, peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk setiap perubahannya (apabila ada), yang berkaitan dengan anti penyuapan dan korupsi termasuk namun tidak terbatas pada Undang-Undang No. 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 dan peraturan pelaksanaannya berikut perubahannya dari waktu ke waktu, serta menegaskan bahwa Anda memiliki dan akan memiliki semua kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk memastikan kepatuhan terhadap semua persyaratan tersebut.
(vii) Apabila satu atau lebih ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan dalam hal apapun menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka ketidakberlakuan, ketidakabsahan, atau tidak dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut tidak akan mempengaruhi keabsahan, keberlakuan, dan dapat dilaksanakannya ketentuan-ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini.
(viii) Anda mengerti dan setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol ‘daftar’ pada saat pembukaan Akun atau tombol ‘masuk’ saat akan mengakses Akun Anda merupakan persetujuan oleh Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan (i) Syarat dan Ketentuan dan (ii) Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus menerus berlaku sepanjang Platform Ekosis digunakan oleh Anda.
(ix) Sesuai kebijakan Kami, Kami dapat menghentikan penggunaan Platform dan/atau Layanan dan/atau menonaktifkan Akun Anda. Kami dapat menghentikan akses Anda ke Platform dan/atau Layanan (atau bagian daripadanya) dengan alasan tertentu, termasuk jika terjadi pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan ini jika Kami percaya bahwa Anda telah melanggar atau bertindak tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, atau jika dalam pendapat Kami atau pendapat instansi pemerintah, layanan tersebut dengan Platform Ekosis tidak untuk dapat diberikan/dilaksanakan. Untuk tujuan penghentian ini, Anda dan Kami sepakat untuk mengesampingkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 1266 KUH Perdata Indonesia sehingga pengakhiran akan dilakukan tanpa memerlukan atau keputusan pengadilan atau lembaga lain dalam wilayah Negara Republik Indonesia.
(x) Para pihak setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini dipersiapkan, dibuat, dan ditandatangani sebagai dokumen elektronik dengan menggunakan tanda tangan elektronik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan peraturan pelaksanaannya berikut perubahannya dari waktu ke waktu. Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari (i) Syarat dan Ketentuan dan (ii) Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.
(xi) Untuk informasi lebih lanjut atau apabila Anda memiliki pertanyaan atau keluhan mengenai Platform Ekosis atau Syarat dan Ketentuan ini, silakan menghubungi: [email protected] Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menanggapi pertanyaan atau keluhan Anda secara serius dan sesegera mungkin. Semua korespondensi Anda akan dicatat, direkam, dan disimpan untuk arsip Ekosis.

Saya telah membaca Syarat dan Ketentuan ini dan menyetujui semua ketentuan yang tercantum sebelumnya di atas. Dengan mengklik tombol “SETUJU”, saya memahami sepenuhnya bahwa saya sedang membuat tanda tangan elektronik dan persetujuan ini memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sama seperti bila saya menandatangani nama saya secara manual.